Jumat, 26 Februari 2010

tutorial KKN bagian 3 (CINLOK)


13 Juli 2009 jam 1:17 
oleh Ikhsan Peryoga sendiri dan bersama Chairani Uni dan Daus Gonia Juga.

Ini permintaan banyak orang, terlepas dari yang sudah melaksanakan jurus penangkal di awal dengan mendampingi si “ayang” pada pertemuan pertama dengan kelompok si ayang kamu itu.. 

tapi fenomena ini terus berulang......


dari tahun ke tahun, adat tradisi paling luhur tentang KKN adalah cinloknya. cinlok yang adalah kependekan bukan kepanjangan dari cinta lokasi. cinlok yang dapat diasumsikan 80% berakhir rada pahit dan tidak seulus biasanya (hipotesis diuji nanti saja). cinlok yang terjadi antara mahasiswa dan mahasiswi, atau mahasiswa dan gadis desa, atau mahasisiwi dan perjaka muda atau kombinasi menarik seperti mahasiswa dan ibu pekaka, atau mahasiswi dan pejabat desa atau mahasiswa dan (upps..) mahasiswa.

Sebelumnya mari kita terapkan itu ground rules yang diartikan sebagai aturan tanah bagi semua peserta KKN yang haus cinta.

1. jika anda punya pacar diluar kampus dan ingin hubungan kalian aman-aman saja. ingatkan pacar anda untuk selalu menelepon setiap hari dan sempatkan datang ke posko sebagai tanda bahwa "aing kabogohna...!!!" 


2. jika anda puya pacar di dalam kampus dan sesama peserta kkn dan ingin hubungan kalian baik-baik saja. Coba telusuri siapa saja yang ada di kelompoknya. Apakah ada gadis manis penggoda iman, atau kah ada cowok sok manis elegan perebut kesucian. atau kalo bisa malah telusuri dan cari-cari juga orang-orang yang anda kenal di kelompok dia dan sekitarnya sehingga bisa menjadi satpam atau mata-mata kekasih anda. satu hal lagi untuk anda yang memang berpacar, jangan lupa untuk selalu menyelipkan obrolan " si aa mah yaa....." atau "cewek gw tuh....." 


Sebenarnya tutorial ini tidak berlaku untuk dua kategori anak manis di atas. dan kategori selanjutnya adalah:

3. anda yang jomblo menahun. Aturan tanahnya adalah: saat melakukan itu yang namanya kodar bersama teman sekelompok, mulailah melakukan scanning terhadap kandidat-kandidat kuat. sebenarnya analisis pendahuluan ini seringkali meleset dan tidak seindah bunga mawar, tetapi tak apalah harus persiapan matang dari awal.


4. anda yang memang berprofesi sebagai cowok kesana-kemari. Maksudnya adalah cowok yang tidak tahan kalau melihat kesempatan. yang selalu igin ditemani sosok wanita. lagi-lagi saat pertemuan awal KKN mulai itu cirian/tag/tandai mahasiswi target. jangan lengah kawan, jangan hanya menciri'i kawan sekelompok tapi luaskan pandangan ada pada kelompok di daerah sekitar.


keterangan : "Serius saya yang mengedit tidak tersinggung untuk point ini".

5. anda yang sudah pacaran 2-5 taun yang sudah mulai jenuh dan membutuhkan refreshing otak. Peraturannya adalah: anda harus siap menerima resiko ketauan selingkuh dan malah putus dengan pacar menahun anda.


Kalau kita sudah tau ini chancenya (apa coba chance-nya, dalam kalimat di atas), saatnya kita bertutorial…

faktor-faktor si orang cinlok saat KKN


Yang sudah kita bahas tadi yang ngebuat kita cinlok itu adalah “niat”… terutama untuk si anda-anda the backbone, yang sudah tidak memikirkan masalah cinta karena terlalu seringnya anda gagal dalam urusan bercinta sehingga nominal waktu anda jomlo sama dengan nominal waktu umur anda (tanpa KKN juga sebenarnya orang tipe ini mah sudah diniatkan untuk cari pacar, kerena tidak terima dengan keadaan ini yang terus menerus menjomblo). Niat ini seperti serigala yang lapar, mencari dengan beringas, menggalaksak liar ketika ada kesempatan bagus seperti KKN ini. Pokonya KKN adalah ajang cari jodoh. Dimulai disaat melingkari kertas FRS hijau dengan matakuliah KKN yang 2 SKS ini, sudah tertanam kuat dalam hati, mengakar dan menyebar seperti kangker, “saya akan menunggu waktunya tiba untuk punya pacar!!!!, dan KKN lah ajangnya”… ketika pertemuan sudah langsung menentukan dan langsung mengeluarkan skill.

Fisik nomber satu, kita jangan muna, selama ini mandang orang, suka, tertarik, naksir pasti dan mutlak dari fisik dulu untuk tataran pandangan pertamanyah.. karena indra yang paling peka untuk pada pandangan si pertama, dan mata adalah si eksekutor. Untuk di KKN, ini memang berperan besar, tapi untuk orang-orang tertentu (untuk golongan jomlo yang udah 20-21 tahun plus jelek, plus nga pedean..) mungkin mengesampingkan nya… mereka biasanya kurang PeDe untuk suka dengan orang yang terlalu cantik atau terlalu ganteng untuk dirinyah.. (ah, saya mah jelek.. tau diri..), dan mereka tentu saja tidak mau kalah, mereka cari di antara anggota kelompoknya yang 2nd, maksudnya keadaan fisiknya yang 2nd yang penting punya pacar, biarin sama-sama jelek juga… faktor lain selain niat adalah faktor fisik, yang ngebuat si kita cinlok pas KKN.

Tapi ada hal yang lebih dalam dari faktor-faktor diatas.. “seringnya lihat, dan sering bersama”, hal lain yang bisa ngebuat si kita cinlok pas KKN. ini beralasan, dan alasan nya seperti ini, coba kita simak yang ini, yang mana??, yang ini coba baca… ketika kkn si kita ampir 24 jam sehari selama 40 hari bersama-sama. Dari pagi bangun hingga mau tidur kamu terus aja ngeliatin dia, kamu terus aja bersama-sama sama dia. Itu ngebuat si kamu ada hasrat, yang ujung-ujungnya kamu suka dan jadi cinlok (ujung-ujungnyamah minta kelamin ketang)… faktor sering melihat dan sering bersama dengan intensitas yang selalu juga dapat membuat si kita menjadi terkena sindrom cinlok ketika kkn.

senjata kalian yang ganteng, yang cantik, yang sispek dan yang bohay tidak mutlak disukai oleh si kecengan… begitu juga sebaliknyah-nyah si kalian bisa saja ngecengin bukan yang cantik, bukan yang bohay, bukan yang khot, bukan yang macho, bukan yang ganteng… tetapi si kita bisa saja ngacengin yang maaf cewe si jerawatan, jelek, gendut, culun.. loh ko bisa??? Itu bisa aja hey… kenapa eh kenapa coba, ini lebih dalem dari pada faktor-faktor yang sudah di ceritakan di atas.. ini hubungan nya dengan “deep”. Si kamu bisa aja suka dengan cewe biasa-biasa aja (baca: super jelek, culun, hidung pesek) tapi dia baik, rajin, pengertian, sabar, jujur, dan soleh-HAH!!!… atau si kamu bisa jadi malah ngecengin cowo si muka rampok, benget culik atau wajah tukang dagang su’uk, tetapi punya hati kaya AA jimi yang bijak, atau AA gatot yang dewasa… soalnya ya itu, si kalian biasanya kagum kerena ada yang beda dari dalam si dia nyah yang mebuat kalian buta dari tampilan kesing si dia. Jadi yang lainnya yang ngebuat kamu cinlok, kagum akan sikapnya.

Cinlok itu hubugan paling jujur karena kamu dan lawan kamu itu tidak bisa menyembunyikan apa2, Dia tau saat anda pakai piyama, dia tau ssat wajah anda menunjukan ada air besar yang ingin dibuang, dia tau anda teu resep ibak, dia tau porsi makan jujur anda segimana, dia tau warna-warna pakaian dalam anda seperti apa. dan disitulah ada sebuah kejujuran hubungan yang sudah tidak bisa dipulas lagi oleh sapuan make-up tebal ataupun out fit paling up to date, atau pun sikap jaim sok cool. yang ini tidak berlaku untuk orang yang memang pada dasarnya si penjahat kelamin yang telah professional menipu lawan jenisnya..

now look... bagaimana biar itu kita yang di kecengi oleh orang lain atau kita disukai oleh orang yang kita keceng ? oh ini indahnya.

untuk kamu yang ganteng dan cantik mungkin ini bisa saja tidak perlu, karena seperti yang di atas (mana?) tuliskan sebagian dari kita melihat sesuatu atau seseorang itu adalah dari fisikli. normallah. 

tapi untuk orang yang secara fisik biasa saja, pintar juga biasa saja, aktif juga biasa saja, relijius juga biasa saja, harta biasa saja. Kasian Kamu.. he.he. tidak kawan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan

1. Perbanyak senyum. 

serius, maksud saya disini adalah bukan itu yang namanya senyum-senyum sendiri yang merupakan salah satu hal yang termasuk dalam ciri-ciri dari definisi kata orang gila. tetapi murah senyum. saya tanya itu ke kamu, kamu lebih nyaman dengan orang yang sering tersenyum atau cemberut? pasti kamu lebih nyaman dengan orang-orang yang sering senyum. begitu juga orang lain dan orang-orang di kelompok anda. dan orang yang tersenyum mempunyai kesan sebagai orang yang ramah dan seolah berkata "Oh ayo kita berteman". untuk yang point ini kalo misalnya kamu tidak sukses di kecengin oleh lawan jenis, setidaknya kamu dikenal sebagai orang yang riang dan asik.

seringlah memperlihatkan momok yang menggembirakan ,dan jangan memperlihatkan momok asli,apalagi momok yang menakutkan. 

2. Kenali karakter. Ini sedikit butuh keahlian yang seksama, karena kamu harus tau kebiasaan dari orang-orang yang kamu kecengin atau sukai. misalnya orang yang kamu taksir adalah orang periang maka jadi perianglah juga kamu. kalo itu orang yang kamu keceng religius, belajarlah anda sedikit tentang agama dia. Kalo orang yang kamu sukai adalah orang yang pendiam, kamu jangan ikut-ikutan jadi pendiam, pacicing-cicing nantinya, mengobrollah secukupnya dengan dia. 


untuk yang lebih ekstrim dalam hal itu yang namanya biar kita disukai oleh kecengan kita atau bisa disebut PDKT. kenali dia lebih dalam. cari teman anda yang satu jurusan dengan dia, tanya-tanya tentang dia ke teman anda, apa yang dia sukai, apa yang dia benci, apa warna favorit dia, berapa tanggal lahir dia. kenapa eh kenapa ? ini nanti berguna saat kamu mengobrol ma dia. jadi seolah-olah kamu nanti adalah bisa menjadi si maha tahu. untuk contoh misalnya kamu tau itu tanggal lahir dia sebelumnya, Kamu bisa membuat suatu keadaan seperti ini.

kamu : " mmmm, lo orangnya pendiem ya, kayanya lahir bulan oktober".
dia : " lho ko bisa tau ? "
kamu : "nebak aja".
dia : " tanggal berapa coba? "
kamu : "euh, mana gw tau. emang siapa lo, sampe gw harus tau tanggal lahir lo? "
dia : ........ (sedikit BT)
kamu : " mm... gw tebak ya, antara tanggal 20-30"
kamu : "22".
dia : "Yey salah, 23 tau "

owh itu kamu sebenarnya tau dia lahir tanggal 23, tapi jangan langsung tebak tanggal 23 karena dia nanti pasti curiga atau malah takut karena nanti kamu disangka dukun.
itu salah satu contoh, tapi kalo misalnya kamu tidak membuat dia terkesan juga setidaknya kamu meninggalkan kesan buat dia...
untuk point ini, bukan berarti kita harus menjadi orang lain dan tidak menjadi diri sendiri. ayolah, jangan berpikir sempit. hidup itu proses, kamu yang diri kamu sendiri juga pasti memiliki kekurangan dan ini bisa jadi adalah proses kamu untuk berubah ke yang lebih baik.

kalo kamu orang yang minder, apa kamu mau terus jadi diri kamu sendiri yang minder?.
kalo kamu orang yang sombong, apa kamu mau terus jadi diri kamu sendiri yang sombong?.
kalo kamu orang yang bodoh, apa kamu mau terus jadi orang bodoh. 
tai jerapahlaut lah "Be your self", "be your self" itu kalo kamu memang sudah jadi orang sempurna.
mari menjadi pintar!! , paragraf ini disponsori oleh http://kihadjartheywanttor


3. Hindari kata "saya" jangan sombong, jangan terlalu banyak membanggakan diri sendiri seperti "Saya di jurusan saya adalah ketua himpunan", " Saya punya teman yang pernah KKN taun lalu dan kata dia........ ", " Saya jago loh maen yoyo, saya meraih medali emas untuk kejuaraan yoyo se indonesia", " Saya kemarin sudah dari bali lho", " Laptop saya apple" 


serius, jangan seperti itu. atau misalnya saat kamu mendengarkan cerita dari orang yang kamu keceng.

dia : "euh bt banget lah kalo di jurusan gw, dosen-dosennya rese".
kamu : " sama. di jurusan gw juga rese. dosen-dosennya suka minta dibeliin kue, nyuruh nganter belanjar, ngejagain anaknya di rumah".

itu kamu bukannya malah ngobatin bt dia, tapi kamu malah membuat dia tambah bt dengan cerita kamu. 
coba kamu jawab dengan kata "Wah? emang gimana dosen-dosennya?". oh alangkah indahnya kalo kamu menjawab seperti itu, selain kamu tidak cape dengan cerita-cerita kamu. kamu malah bisa ngobrol lebih lama dengan dia. mendengar suara indah dia, kerlingan mata dia saat bicara. oh indahnya pdkt. 
intinya jangan egois dan jangan sombong, coba lebih banyak mendengarkan orang lain dari pada kamu menyombong-nyombongkan tentang kamu sendiri.
tapi tergantung juga sih. 

4. perhatian . iya perhatian. semua orang suka diperhatikan, meski ada beberapa orang yang munafik dan bilang tidak. tapi perhatian disini juga jangan terlalu berlebihan. kalo kamu cowo, dan kecengan kamu sedang membawa barang-barang yang cukup berat. bantu dia. Atau. bantu kecengan kamu saat dia memasak. atau sekedar berucap " selamat pagi" atau "selamat malam". Banyak sebenarnya caranya, kalo dia si yang kita ciri'i misalnya lagi BT dan melamun sendiri di ruang tamu. hiburlah dia, bukankah itu juga termasuk perhatian.


5. jabatan dan jadwal. jabatan disini maksudnya adalah jabatan kita dikelompok, kalo misalnya itu orang yang kamu kecengin adalah seksi konsumsi, jadilah kamu seksi transportasi. sehingga kamu bisa mempunyai waktu yang lebih berdua, yaitu saat berbelanja kepasar. karena pasti banyak kemungkinan seksi konsumsi belanja kepasar dan diantar oleh seksi transportasi.

Sesuaikanlah jabatan anda atau jadwal piket anda dengan orang yang anda keceng.

sebenarnya masih banyak caranya, tapi itu pasti juga kalian tau apa dan berbeda setiap orang, karena untuk masalah suka dan cinta sangat-sangat-sangat apa.


nah..sebelum kalian-kalian adik-adik kami yang sungguh sangat kami banggakan terjun didalam dunia percinlokKKNan. mari kita bedakan itu jenis-jenis cinlok KKN dan anda bebas untuk memilih ingin menjalani cinlok yang mana.

1. cinlok-first love

mungkin ini agak unik dan sebenernya cinlok yang paling membawa sejuta berkah. jikalau hey anda mahasiswa ataupun mahasiswi suci yang belum pernah pacaran sebelumnya. Atau bagi si kaian terutama untuk si anda-anda the backbone, yang sudah tidak memikirkan masalah cinta karena terlalu seringnya anda gagal dalam urusan bercinta sehingga anda mendapatkan julukan lain yaitu si jomblo semenjak SD, kkn menyediakan fasilitas untuk anda merajut itu benang-benang cinta. teman saya (maaf dirahasiakan) yang sebelumnya tidak pernah pacaran sama sekali dan tidak merencanakan pacaran dalam jangka waktu dekat malah menemukan first lovenya saat KKN, jadian 2 minggu awal kkn dan berjalan langgeng sampai sekarang. ayoo...para penyuci cinta..jangan pesimis dan buka hati anda seluas samudera!!

2. cinlok-bosen pacar beneran atau marilah kita singkat jadi BPB

cinlok inilah yang penuh tipu daya, pemoles kata-kata manis palsu dan inilah yang menghiasi kegagalan dan kepatahatian yang mendalam. biasanya karena berniatkan ingin-have-fun sehingga jalinan yang terjadi hanyalah pisikli saja. liat cewek/ cowok dari pisik. dan berhubungan pun hanya pisik tidak sampai itu ke organ dalam bernama hati dan tidak dibarengi itu dengan kerja organ penting bernama otak. hubungan BPB ini membahayakan bagi para pelaku pada khususnya dan pada pacar aseli mereka pada umumnya. tapi bukan berarti kami-kaum pendidik kurang ajar- tidak merestui, silahkan saja..asal itu kalian(meminjam secuil nasihat singkat dari aa gym yang sebenarnya sudah ladu tapi masih tetap ng-hits) JAGALAH HATI!!
jalani dengan riang karena toh niatnya pun have-fun dan jangan salahkan siapapun jika dampak terburuk terjadi. 

Untuk yang ini ada sedikit tambahan lagi, yaitu adakanlah semacam Quality Control. apa itu? itu semacam kita harus pilih-pilih untuk memilih partner dalam BPB. usahakan lah juga partner BPB yang mereka lebih mengutamakan having fun, jangan yang baik-baik, jangan yang termasuk ke dalam kategori kamu adalah cinta pertama dia, jangan yang over protektip, jangan yang lebih jelek dari pacar beneran. dan usahakan partner BPB di kkn kamu tau bahwa kamu telah memiliki pacar sebenarnya. kenapa harus ada Quality control ? karena untuk yang ini sangat berresiko dan resiko yang paling mengancam adalah kamu hanya menjalin hubungan dengan dia hanya selama pas KKN. Kasianlah dia harus kalo yang benar-benar tulus mencintai kamu, tapi si kamu-nya hanya main-main. Lebih parah lagi kalo misalnya kamu adalah cinta pertama dari si partner BPB kamu dan nanti kamu campakkan dia sesudah beres KKN, itu malah bisa menimbulkan efek tromatik untuk partner kamu dalam masalah cinta.

3. cinlok-the true love.

karena ini kita mengomongi soal cinta. satu kata,5 huruf,banyak makna. jadi pastilah akan ditemui itu cinta lokasi yang benar-benar menghadirkan sensasi luar biasa dalam jiwa. tidak menutup kemungkinan anda akan menemukan the true prince charming ataupun the living cinderella dalam KKN ini. cinta model ini sudah tidak lagi melihat pisik, materi atau hal duniawi lainnya. sekali ketemu itu rasanya ada kupu-kupu melayang-layang disekitar kita dan si cowo ditumbuhi bunga-bunga yang bermekaran. dan terjadilah itu hubungan berasaskan: satu kata,5 huruf,banyak makna.

4. cinlok kelainan... ini adalah pengalaman teman sekelompok saya yang keriting dan yang jago main piano, karena program kami mengurusi anak SD, maka kelainanlah mereka dengan mencintai itu wanita SD. diana, Lia, Monic, Nia menjadi korban mereka. mereka semuanyah di cintai oleh pemuda dewasa berumur 20 tahun. sungguh sebuah kelainan. adalagi kasus kelainan, seperti mahasiswi yang menemukan cinta sejatinya mahasiswi juga, atau mahasiswa dengan mahasiswa juga. atau mahasiswa dengan nenek-nenek. bahkan tahun kemerin ada kejadian cinlok antara seoerang mahasiswa dengan kebudayaan tradisional si desa tersebut. aneh tapi indah, namanya juga kelainan.


keterangan : "euh, itu kenapa yang ke-4 di tulis-tulis segala" kata si pengubah dan salah satu penulis lain.

Silahkan pilih yang mana yang kalian rencanakan…

dan seperti perkataan orang tua kita(??) yang mengatakan bahwa jadi mahasiswa harus bertanggung jawab, menjalani dampak atas pembuatan keputusan..maka saya kemukakan ini dampak-dampak yang mungkin terjadi setelah menjalani percinlokKKNan.

1. live happily ever after. bahagia bersama sang pendekar KKN. sampai kampus sudah tak jomblo lagi. dan kalian punya cerita menarik tentang pertemuan pertama yang kalau terus berjalan lancar bisa terus diceritakan sampai anak cucu dan cicit kalian.


2. jadi buronan. buronan kalau nekat selingkuh atau jadi selingkuhan. akhirnya sampai kampus hidup tidak tenang karena cinlok KKN yang ngagantung. dan akhirnya berdampak pada nama baik anda di kampus. contoh : seorang mahasiswi salah satu jurusan tiba-tiba sangat enggan jika berhubungan dengan salah satu jurusan lain. karena satu angkatan tau kisah pahit dan si mahasiswi malang terpaksa terlabeli dengan kata "seligkuhan dan perebut pacar orang"


3. damai sejahtera. jikalau anda menjalani cinlok kkn yang sehat dan aman dan kalaupun harus berakhir juga berakhir dengan tidak ada saling tusuk-tusukan hati. akhirnya anda bisa kembali ke bangku kuliah dengan pengalaman indah dan tanpa penyesalan sama sekali.


4. jadi jomblo lagi. yahh..pergi sebagai jomblo tidak usah khawatir jika sehabis kkn, sehabis perjuangan cinlok yang tak berkelanjutan akhirnya anda jomblo lagi, terlempar lagi ke pasaran single. "Darah Itu Merah Jendral !!!!"


itulah dampak yang bisa dituliskan, walaupun mungkin ada berjuta kemungkinan yang ada diluar itu (yahh..masalah cinta siapa yang bisa tau pasti)..pokonya pesan dari kami-para pendidik kurang ajar:

bercinloklah!!!karena sepahit apapun dampak yang diterima kalian bisa menoleh ke belakang dan senyum-senyum sendiri. dan sampai setahun lewat dan sampai waktu tua kalian punya cerita yang bisa dibagi. 

berlanjut ke bagian 4,
Description: tutorial KKN bagian 3 (CINLOK) Rating: 3.5 Reviewer: ikhsan peryoga ItemReviewed: tutorial KKN bagian 3 (CINLOK)

1 komentar: