Jumat, 26 Februari 2010

Tutorial KKN (kuliah kerja nyata) Bagian 1


 08 Juli 2009 jam 14:13 
oleh: Ikhsan Peryoga

KKN adalah kuliah kerja nyata. Nga harus secara detail kita kasih itu pengertian dari kuliah kerja nyata itu seperti apa, tapi intinya, kalian akan 1 bulan lebih bersama-sama dan itu artinya dalam sebulan itu bisa jadi neraka bagi kalian tapi bisa juga menjadi surga. Catatan ini adalah tutorial bagaimana caranya untuk menjadikan KKN kalian seperti surga pengalaman indah nan gemilang.

Kita bagi-bagi dulu beberapa Tipe dari kalian, cewe cantik, cewe nga cantik, cowo fleksibel, cowo statis. Renungkanlah, kalian termasuk ke orang yang tive apa??? Kalao udah ketemu citra diri kalian dari 4 tipe manusia tersebut mulailah dengan stategi yang kita tawarkan disini..

Pengumumanman kelompok dan tempat: (nga karuk si kamukmukmu tipe yang mana, sama aja… selanjutnya akan di sebut general) 

Datang ke tempat pengum-um-maman jangan pagi hari atau sore banget, bisanya penuh, sesak kaya ynang registrasi, maklumlah “ngantri” nga ada matakuliahnya (jangan salahkan Universitas hey!!!, itu yang saya ingin katakan sebenarnya karena ngantri nga butuh matakulaihnyah tapi, kesadaran/kemaluan sendiri). Tuliskanlah no telp cadangan kamu di nama kamu, kalau udah ada yang nulis no di kelompok kamu catet juga oleh si kmu. Ini penting: jangan pernah hubungi mereka, biarkanlah mereka yang menghubungi kita, itu akan terhindar dari sangkaan so penting, so aktif. 

Perkenalan pertama bersama kelompok: (general)
kalo udah semuanya nulis nomber HP, biasanya ada janjian/pertemuan awal. Pilih tempat yang menyenangkan, kalo bisa di luar kampus, karena kelompok-kelompok lain biasanya janjian nya di tempat-tempat publik di kampus, seperti di tempat ibadah agama Islam, di taman, di kantin dll. Dan itu akan membuat pusing si kalian untuk bertemu kelompok kalian, biasanya pada nyasar ke kelompok lain. Pilih tempat janjian seperti di mall, di mini market 24 jam, di tempat hangout, di cape atau bahkan lebih baik jika ketemuan di clubing. 

catatan: untuk yang sayang ma pacarnya dan beliau ikut KKN juga, dampingilah ketika acara ini, tunjukanlah kepada kelompok pacar kamu,.. "tah si ini mah udah punya pacar, yaitu aing, jangan ganggu pacar saya!!!".. catatan ini tidak berlaku untuk kalian yang berniat selingkuh

dan untuk kalian yang berniat menjadikan KKN untuk mencari jodoh, untuk mengisi kesendirian kurang lebih 20 tahun kalian.. inilah saatnya untuk mengeceng-ngeceng, buatlah panitia pengaturan cinlok supaya tidak ada saling tumpang tindih cinlok

Perkenalan di pertemuan pertama (general)


Biasanya ada yang so’so tau mengemukakan pendapatnya, mengatur, mengasih cerita pengalaman si seniornya yang temen nya atau si pacarnya pas mereka juga KKN,.. Jangan lakukan hal bodoh seperti itu!!! (ini serius). Mendingan low fropail, lihat dulu keadaan, anggap aja kita observasi lihat karakter2 orang yang akan bareng kita beberapa bulan ke depan. Karena apa hey?? Karena eh karena di pertemuan pertama biasanya adalah rapat penentuan ketua, dan karena terbatasnya pengetahuan kita pada orang2 yang baru kita kenal, biasanya yang jadi ketua adalah orang yang sotoy, so sibuk, so mengerti, so ieh yang sibuk dari semenjak yang ngordinir si janjian sampe si kita-kita berkumpul di pertemuan pertama. Tapi hal itu di sarankan untuk kalian yang nga ingin jadi ketua, dan kita saranin jangan… yah jikalau terkecuali kalian orangnya sotoy, n so-so aktif.itu hak kalian

Di rapat ini juga, dibentuknya struktur organisasi kelompok. Berikut adalah skema standar struktur di kelompok kkn

Ketua: keuntungan, dialah yang sebenarnya ngasih nilai di KKN ini soalnya si pembingbing mah nga ikutan KKN bareng kita, dia dateng cuman 2-5 kali, bahlan 1 kali doang. Makanya segala laporan itu ada di tangan si ketua. Ruginya: si ketua bisa aja di bunuh oleh si masyarakat, di bunbuh oleh si kelompoknya, atau di bunuh oleh tingkahnya sendiri. Dia harus mempunyai LV ngelobi tingkat dewa, ngomong ma kades, ngomonmg ma camat bahkan ke bupati… harus dinamis nga statis, mau dengerin curhatan2 bego anggotanya, bekerja paling keras di segala uruasan, dan bekerja paling keras di segala masalah. Kalo si masyarakat minta dana, kalo si masyarakat ngerjain si kelompok, kalo perlakuan kita nga sesuai dengan masyarakat, yah yang di mintai pertanggungjawaban adalah ketua, makanya ketua mah harus peka, harus siap dihujat, dan harus siap di apa-apain. Hindari jika kamu orangnnya melo atau feminim…


Bendahara: ngumpulin n ngebajet uang, siap-siaplah di hujat jika si uang tersisa, atau habis sebelum waktunya. Siap-siap juga bertengkar dengan tukang masak karena bajet yang kurang sehingga masakan nya nga enak (sebenernyamah nga ngaruh, tidak enaknya masakan, bukan kerana bajet makan yang kurang)


Sekertaris: ribet, ngurus2sin surat keluar masuk, ngurusngurusin administrasi apapun bisa merangkap jadi humas yang harus ke kelurhan ngasihin surat, ke kecamatan ngasihin surat, ke karang taruna ngasihin surat dll. Dan yang paling sialnya, si sekertasis biasanya yang disuruh ngerjain laporan di akhir kkn, LA (lebok aja).. tapi tenang biasanya mahasiswa atau mahasiswa yang jurusan nya ada hubungan nya dengan tulis menulis, seperti fakultas sastra atau bahasa.


Konsumsi: yang ngatur masalah makan dimulai dari bajet, menu samapai kalo ada tamu-tamu yang tak di undang, seperti pemuda lokal yang tiap malam nginep di posko, atau ungsian peserta kkn dari kelompok lain karena si mereka tidak nyaman di kelompoknya (ToT.. loh ko si kita ngadak-ngadak sedih sih??).. siap-siap dihujat jika makanan nga enak. Malu lah dikau jika anggota kelompok kkn mu malah sering makan di luar atau mending beli baso, nasigoreng, mie ayam, yang lewat posko.. malulah, itu berarti masakan kamu beneran kaya racun bagi mereka. Pesan: jangan maksa buat yang nga mau makan, itu akan jadi prahara, jangan makan duluan dan yang paling banyak, itu juga sumber prahara. Usahakan makan bareng…


Humas: standar lah, gurusak-gurusuk ke masyarakat, makanya jadilah humas jikalau kamu orangnya fleksibel, nga pemalu. Untungnya jadi humas, biasanya menjadi orang pertama yang kenal para gadis atau cowo2 lokal yang kece-kece. Sebelum di serobot oleh anggota lain, keluarin lah dulu skil kamukmukmu.


Transportasi: biasanya berjiwa ojek, nga mau banyak mikir, tipe kuli lah, punya motor ngerti motor dan orang lapangan. Selain itu jikalau kamu susah bangun pagi jangan mau lah itu jadi si gtarnsprtasi, bisanya si suruh nganter ke pasar jam 6 pagi.


Peralatan: ini adalah pasangan dari si bidang transportasi. Strata terendah tingkat kasta paria dalam struktur kelompok. Kuli sejati, mikir hanya ketika ngelist barang-barang aja, selebinya kerjanya beli gas atau beli galon, beli lampu, beli kertas kado, beli bawang ke warung, beli tali rapia dll. Jangan mau jikalau sikmu-kmu-kmu nga suka di suruh, karena kerjaan kamu adalah pesuruh.


Jikalau si kalian sudah tau gambaran dari jawatan dan pekerjaan-pekerjaan nyah-nyah, saatnya kalian berstrategi. Berikut adalah beberapa strategi yang patut di pilih.

Strategi A:

Ikuti semuanya dengan normal, bekerj keras normal, males normal, turut peraturan. Si nilai bisa saja A, bisa juga B, tapi kamu harus bekerja normal, mngrluarkan tenaga normal dan membuat si KKN ini tidak terlalu berkesan. 

Startegi B: 

deketin ketua, jadilah penjilat si ketua, jadilah tangan kanan ketua. Jika si ketua berbeda kelamin dengan kita, pacari dia… buat dia kelepek-kelepek ke si kamu, tentu saja dengan melupakan pacar asli kita di luar dunia luar sana, biarlah demi nilai A. bantai orang-orang yang berbeda pendapat dengan kita dengan cara terus berpihak ke si ketua. Perkuatlah posisi ketua seakan si kamu penopangnya ketika ketua di hujat. Nilainya A. evek sampingnya kamu akan di benci oleh lawan kamu, di jaj penjilat, mengandalkan kecantikan-kegantengan untuk nilai A. si kamu juga harus bekerja, mengeluarkan tenaga yang lebih untuk posisi tersebut

Strategi C: 

Buat pengaruh dengan kualisi yang sudah di rencanakan dari awal supaya si ketua terus yang disalahkan oleh kelompok. Buat himpunan penentang ketua, salahkan lah terus semua kebijakan nya dengan berbagai alasan. Nilai A pun ditangan jika kamu beneran membuat si ketua nga bisa apa-apa. Tetapi strategi ini harus dengan perencanaan kelompok dan tidak bisa di kerjakan sendirian. Membutuhkan banyak pendapat, rapat dan cenderung ribet.

Strategi D:

Jadilah sijenius yang pintar dengan memulai perkenalan yang Low propail di awal, nyamar, kenali karakter kelompok dan pelajari kelemahan-kelemahan mereka satu-persatu. pilihlah ketua yang cenderung bego, pilih jabatan yang ringan-ringan/bahkan yang sangat rinngan.. ketika kegiatan berjalan, kuasai mereka dengan senjata atas kelemahan mereka, layaknya kedudukan kita yang lebih tinggi dari ketua, hujat terus si ketua dan anggota supaya dia bertekuk lutut ke si kita. Jadilah ketua yang bergerak dari belakang dan si anggota yang lain nya jadi babu-babu kita. Nilai A ada di tangan dengantidak harus punya tanggungjawab apapun. Malahan kamu akan terbebas dari pekerjaan apapun dan kamu layaknya seperti raja.

Contohlah mereka yang seksi. Seksi peralatan yang menjadi pemenang… sekarang apa strategi mu??

tutorial ini bukan sesuatu yang harus ditanggapi dengan serius tapi kalau serius juga nga apa-apa
Berlanjut ke tutorial KKN selanjutnya.
Description: Tutorial KKN (kuliah kerja nyata) Bagian 1 Rating: 3.5 Reviewer: ikhsan peryoga ItemReviewed: Tutorial KKN (kuliah kerja nyata) Bagian 1

2 komentar:

  1. a, saya kopi ya buat bikin notes di FB.. notes di group KKN susah dibukanya.. boleh yaa? lucu, informasi buat temen2 yang laen yang lagi kkn bareng2 saya.. ^^

    BalasHapus