Jumat, 26 Februari 2010

Lihat: Lengkap | Ringkas Catatan SayaCatatan tentang SayaDraf Upacara bendera untuk nasionalisme (bagian kedua, filosofi topi SMP uing)

oleh: Ikhsan Peryoga

Nem SD uing ti SD Pasirangin 36,95... modal segitu sudah cukup masuk ke SMP favorit di kota ciamis... saya adalah 5 orang terpilih di angkatan saya yang masuk ke SMP 1 Ciamis... Yulistiani Saputra (kls D), Ryan Pratama (kelas A), Adah Afriani (kelas F), Erni (poho deui papnjang na, sori Er..) (kls E) dan Ikhsan Peryoga (kls D)... masuk SMP 1 Ciamis, SMP faporit di kabupaten ciamis... sementara si Opik dan si Eli ( tokoh di tulisan saya sebelumnya) masuk SMP 8 (gotun).... (jiahh berpisah dengan teman kriminal)...

pengalaman berharga upacara ketika saya kelas satu banyak sekali,

salah satu upacara saya waktu kelas 1, saya pernah di tajong sampai bared ku pa agus, (guru olah raga yang sekaligus juara karate…) “ma’nyus lah suku uing…” gara-garana urang jeung si deri, jeung si Aji, jeung si taher herey wae pas upacara di tukang… di belakang lutut saya sampai lecet dan ketika mandi sangat perih seklai…

dulu saya belum ngerti komnas HAM sih, dulu belum musim HP dengan kamera juga sih, kalo dulu di rekam mah kan bisa di pajang di youtube, bias terkenal tah si sayah dan SMP 1 ciamis serta pa Agus.. haiskshiakhaiskshiak… gara-gara saya ngobrol pas Upacara saya di tendang sampai bared… nga masuk akal banget kan... emang apa sepenting itukah upacara??? hanya berdiri di hari senin pagi.... ga jelas... udah mah upacara teh panas… cangkeul harus berdiri tegak, harus diem memperhatikan sesuatu yang sama setiap hari senin nya pembacaan UUD dasar lah, pembacan doa yang sama, penghormatan lah, "Pancasila (pa tauhid), PANCASILA (seluruh peserta upacara), satu (pa Tauhid), SATU (seluruh peserta upacara), ketuhanan yang maha esa (Pa Tauhid), KETUHANAN YANG MAHA ESA (seluruh peserta upacara) dan seterusnya..." itu terjadi setiap hari senin pagi... wajar dong untuk menghilangkan rasa boring tersebut saya ngobrol… dan bencananya, ternyata menurut versi para guru itu adalah salah… ga ngerti jalan pikiran para guru aing...

si sayah pernah (baca:SERING) lupa mawa topi biru (topi SMP)... yang di bagian bawah topi itu di curat coret baik oleh pulpen maupun pake tive-x.. tulisan nya pun banyak dan tidak mengikuti tata design yang keren... ter pangpang tulisan PLX sebagai tulisan dominan yang di torehkan dengan tive-x, di ikuti dengan tulisan cu-x, punk, metal, NIRVANA, gambar emotion di YM, yang kita waktu dulu nyebutnya smile dll... topi itu memang sakti, walaupun sudah dekil bau, (suer bau), kumel kotor, bujil, tapi di hari senin topi itu bisa membuat jalan nya upacara cepat selesai... orang yang tidak memakai topi biasanya mendapatkan upacara tambahan dari pa tauhid... mereka di kumpulkan, di suruh baris dan diceramahi.. "ari silaing," vokeb yang selalu di ucapkan pa tauhid...

di salah satu upacara tambahan yang di lakukan pa Tauhid, pa tauhid menasehati kepada gerombolan murid tak bertopi tersebut (termasuk uing)... "ari silaing, mau jadi apa nanti sudah besar?!!! upacara saja lupa membawa topi... ini mah calon-calon generasi muda yang tidak baik dan bukan contoh bagi bangsa"... sampai sekarang masih inget ucapan-ucapan tersebut, dan sampai sekarang masih bingung juga, apa hubungan nya nga pake topi sama orang2 baik bagi bangsa... yang saya tau, memakai topi itu agar tidak kepanasan, atau menutupi rambut yang jarang2 seperti apa yang dilakukan teman skelas saya Heri Herdiana (sekarang kerja di jakarta) yang sejak SMP suka di juluki si Taher (tarang herang)..

ada beberapa hipotesis yang 10 tahun belakangan ini saya selalu pikirkan tentang masalah tersebut hingga saya lupa makan jengkol (emang dasarnya nga suka jengkol ketang)... yang pertama, kepinteran/ keberhasilan soekarno, soeharto, H biebie, Gusdur, sampai SBY memimpin negri ini dikarenakan mereka semua memakai topi (kopeah), ... yang kedua, nyambungnya sama ulama dan pak haji... dia menjadi orang2 yang bener jika memaki topi (kopeah juga sih).. makanya jika kamu ingin soleh, taat agama, coba pakai kopeah.. saya pernah beberapa kali mencoba, tapi ternyata hipotesis itu nga ngaruh ke saya... saya pake kopeah, tetep saja nga jadi soleh, "oh mungkin merek nya jangan yang ini", saya berpikir begitu, lalu saya ganti dengan merek yang lebih bagus.. tapi hasilnya sama saja... malahan saya pernah mencoba, mungkin topinya kurang, bagai mana kalo coba pake combo, saya pake 3 topi sekaligus, dan hasilnya sama, tidak membawa perubahan pada diri saya....

tapi, ucapan pa tauhid pas menyelenggarakan amanat pembina upacara tambahan "khotbah kedua" di senin pagi itu terbukti jitu.. nyatanya sekarang saya menjadi orang/ generasi yang kurang baik untuk bangsa saya... (heran, sakti pisan kata2 pa tauhid, seandainya waktu itu saya tidak lupa membawa topi biru dekil bau yang di bawahnya bertuliskan PLX mah, mungkin saat ini saya akan menjadi orang yang baik bagi bangsa saya..." jiaahhhhh... gara-gara topi itu saya menjadi begini sekarang!!! sial dong (loh, ko ada sial dong)

andai saja saya SMP nya di Jerman, amerika atau belanda... mungkin saya sekarang nga bakalan begini...

BERSAMBUNG....

sebenarnya tulisan ini masih ada terusan nya, tapi karena terlalu panjang saya simpan saja nanti untuk part ke 3 (nu ieu mah kurang rame, saya mengakui, tapi saya akan balas hal tsb di tulisan bodoh ke tiga saya tent upacara bendera..)
Description: Lihat: Lengkap | Ringkas Catatan SayaCatatan tentang SayaDraf Upacara bendera untuk nasionalisme (bagian kedua, filosofi topi SMP uing) Rating: 3.5 Reviewer: ikhsan peryoga ItemReviewed: Lihat: Lengkap | Ringkas Catatan SayaCatatan tentang SayaDraf Upacara bendera untuk nasionalisme (bagian kedua, filosofi topi SMP uing)

0 komentar:

Posting Komentar